Jumat, 28 Agustus 2020

FORUM DISKUSI GROUP RPP

 FORUM DISKUSI GROUP RPP


Forum diskusi group adalah sebuah ruang antara baru yang menjadi tempat sharing dan tempat curhat untuk menyampaikan sebuah masalah tertentu. Khusus untuk FDG kali ini kami sengaja membuatkan bagi bapak-ibu peserta Pelatihan Jarak Jauh Penyusunan RPP PAI SD agar bisanya menjadi penjembatan bagi panjenengan semua dengan Bapak Tutor kita M. Mudhofir,S.Ag

Ada beberapa hal yang disiapkan oleh beliau untuk topik FDG kali ini, yaitu:

1. Apa yang bapak/ ibu fahami tentang ciri-ciri pembelajaran abad 21 dan bagaimana strategi penerapan dalam pembelajaran?

2. Apa yang bapak ibu ketahui tentang Regulasi penyederhanaan RPP sesuai SE Mendikbud No. 14 Tahun 2019?

3. Apakah jika kita sudah membuat RPP dengan standar 13 komponen harus membuat RPP dengan standar SE No. 14 Tahun 2019? Mengapa!


Silahkan 3 pertanyaan ini dijawab dan didiskusikan bersama di bawah bimbingan Bapak M. Mudhofir,S.ag

Jawaban bisa diletakkan di kolom komentar

Jangan lupa diberi nama

43 komentar:

  1. Saya ingin mencoba menjawab diskusi no 1, ciri-ciri pembelajaran abad 21 :
    1. Siswa didorong untuk mencari tahu informasi yang tersedia dimana saja dan kapan saja (bukan diberi tahu)
    2. Pembelajaran diarahkan untuk merumuskan masalah, bukan saja menyelesaikan masalah
    3. Siswa diarahkan berpikir analitis
    4. Memetingkan kerjasama dan kolaborasi
    Strateginya :
    1. Digitalisasi dan komputerisasi (mengikuti zaman)
    2. Guru sebaiknya memiliki bekal, dimana bisa berkolaborasi untuk merancang dan membangun sebuah pembelajaran yang bisa mengakomodir siswa generasi milenial
    3. Kreatif dan inovatif dalam menyiapkan model pembelajaran

    BalasHapus
  2. M.BISRI MUSTHOFA :
    1).ciri-ciri pembelajaran abad 21 yaitu pembelajaran berbasis tegnologi dengan memanfaatkan berbagai multi media yang berkembang saat ini sesuai kebutuhan dan perkembangan zaman.
    2)Regulasi penyederhanaan RPP dimaksud mengurangi dari 13 komponen RPP yang ada di permendikbud nomor 22 tahun 2016.regulasi ini memuat tujuan pembelajaran ,langkah-langkah pembelajaran dan penilaian sebagai komponen inti dalan RPP sedangkan yang lain hanya sebagai komponen pelengkap sehingga dapat menerapkan prinsip efisien,efektif dan berorentasi pada anak didik.
    3).iya,tetap harus membuat karena dengan adanya penyederhanaan RPP guru yang dulu sering diarahkan untuk membuat RPP 13 komponen terlalu menghabiskan banyak waktu yang seharusnya bisa lebih difokuskan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi prose pembelajaran itu sendiri.sehingga lebih efektif dan efisien tetapi tetap tidak meninggalkan RPP 13 komponen sebagai bahan acuan bagi seorang guru

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. diharapkan semua nomor ditanggapi

    BalasHapus
  5. strategi pembelajaran abad 21
    1. harus melek tegnologi dengan menguasai tegnologi maka bisa memanfaatkannya sebagai pengembangan pembelajaran
    2.kreatif ,inovatif dalam memilih media pembelajaran sehingga dapat menarik peserta didik

    BalasHapus
  6. 1. Pembelajaran mandiri yang lebih banyak mengedepankan media
    Strategi penerapannya dengan menggunakan media teknologi terkini yang digunakan peserta didik,juga pembelajaran langsung yg lebih banyak menggunakan komunikasi aktif antara siswa dan guru
    2. Surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Anwar Makarim yang ditujukan kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia untuk menyederhanakan format penyusunan RPP sehingga lebih efisien, efektif, dan berorientasi pada siswa
    3. Mungkin tidak harus merubah total perlu penyusaian dengan pendidikan kekinian

    BalasHapus
  7. MUKHIBATUL MILA.
    WONOTIRTO

    3. Meskipun kita sudah membuat RPP 13 komponen, namun kita juga harus menyesuaikan diri dengan membuat RPP sesuai SE No 14 tahun 2019. Karena pembuatan RPP yang baru tersebut didsarkan atas alasan :
    a. Penyusunan Rpp harus berorientasi pada siswa dan memegang prinsip efektif dan efisien
    b. Hanya tiga point di RPP 13 komponen yang menjadi kewajiban guru, yakni Tujuan, Langkah-langkah dan penilaian, lainnya hanyalah pelengkapa
    c. Sekolah, kkg dan guru berhak bebas mengembangkan RPP sesuai kondisi yang ada
    d. Sesuai dengan prinsip pembelajaran abad 21, guru sebaagi pembelajar dan role model, yang sanggup melaksanakan semua tugasnya, emngingat tugas guru buakan hanya berjutat di administrasi saja

    BalasHapus
  8. ISLACH
    1. ciri pembelajaran abad 21 mengabungkan banyak komponen pembelajaran baik segi siswa maupun pendidik,mulai dari mengetahu, memahami,menerapkan, membandingkan dan mengevaluasi hasil pembelajaranya. untuk mewujudkan itu seorang guru harus memiliki ketrampilan dalam proses pembelajaran. Bisa mengikuti perkembangan zaman baik dari teknologi maupun yang lainnya.
    2. RPP sesuai SE mendikbud no 14 tahun 2014 sudah tepat karena RPP yang lebih sederhana dan cukup memuat beberapa komponen saja diantaranya tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran serta penilaian pembelajaran. komponen itu sudah mewakili proses pembelajaran dan juga lebih efisien dan efektif mengerjakanya.
    3. tidak perlu membuat lagi karena pada dasarnya komponen yang ada didalam RPP itu sama dalam mencapai tujuan pembelajaran. komponen yang lain bisa dibuat pelengkap dalam proses pembelajaran.

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. MUKHIBATUL MILA
    Wonotirto

    2. SE no 14 tahun 2019, dikeluarakan dengan perubahan pada point point RPP yang lebih disederhanakan. Yaitu hanaya tiga komponen dan gurur bebeas mengkreasikan RPP tersebut sesuai situasi dan kondisi di lembaganya. SE tersebut bermaksud untuk mengurangi beban guru, sehingga tidak hanya bertkutat pada pembuatan RPP saja, sedangkan hal yang juga penting, yakni proses pembelajaran dan penilaian menjadi kurang diperhatikan bahkan terbengkalai . Bahkaan proses pembelajaran ialah ruh dari pendidikan itu sendiri harus dioptimalkan, dengan mengeksplor berbagai metode, media dan peningkatan kapasitas sebagai seorang guru untuk menyiapakan siswanya mengahadapi tantangan di Abad Revolusi 4.0

    BalasHapus
  11. 1.Siswa didorong untuk mencari tahu informasi yang tersedia dimana saja dan kapan saja
    2. Pembelajaran diarahkan untuk merumuskan masalah, bukan saja menyelesaikan masalah
    3. Siswa diarahkan berpikir analitis
    4. Memetingkan kerjasama dan kolaborasi
    Strateginya :
    1. Digitalisasi dan komputerisasi (mengikuti zaman)
    2. Guru sebaiknya memiliki bekal, dimana bisa berkolaborasi untuk merancang dan membangun sebuah pembelajaran yang bisa mengakomodir siswa generasi milenial
    3. Kreatif dan inovatif dalam menyiapkan model pembelajaran

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. 1. Ciri-ciri pembelajaran abad 21
    • Pertama, menciptakan sekolah yang menyenangkan.
    • Kedua, penguatan pendidikan karakter.
    • Ketiga, membangun keterampilan komunikasi.
    • Keempat, Kolaborasi.
    • Kelima, menerapkan pembelajaran yang mengakrifkan siswa berpikir kritis dan mampu memecahkan masalah.
    2. Mungkin sesuai dengan namanya, dimaksudkan untuk menyederhanakan format penyusunan RPP sehingga lebih efisien, efektif, dan berorientasi pada siswa
    3. Untuk menyesuaikan dengan model-model pendidikan yang kekinian

    BalasHapus
  14. Muzakki
    1. Ciri-ciri pembelajaran abad 21 adalah pembelajaran 4.0 yang mana pembelajaran tersebut berbasis tekhnologi, siswa maupun guru dituntut untuk faham dan bisa tekhnologi.
    Strategi penerapan pembelajarannya yaitu dengan memberikan pengarahan dan pendampingan kepada anak didik dan orang tua, sehingga dengan berjalannya waktu pembelajaran dapat berjalan dengan maksimal
    2. Regulasi penyederhanaan RPP sesuai SE tersebut menjadikan RPP lebih ringkas namun tidak meninggalkan format sebelumnya dan berorientasi pada peserta didik
    3. Menurut saya iya. Walaupun kita sudah membuat RPP dengan standart 13 namun kita juga harus mengikuti peraturan terbaru dari Kemendikbud.

    BalasHapus
  15. RUDIK GPAI KESAMBEN
    Saya mencoba berkomentar,,jika salah, mohon dimaafkan karena manusia tidak luput dari kesalahan....ihi
    1. pembelajaran abad 21 lebih dititik fokuskan pada peserta didik yang mana pembelajaran abad 21 ini peserta didik dituntut bisa aktif dalam kegiatan pembelajaran, disisi lain dalam proses pembelajaran tersebut, diharapkan peserta didik bisa nyaman dan ceria dalam mengikuti pembelajaran. selain itu, pembelajaran di abad 21 peserta didik harus melek tentang luasnya ilmu pengetahuan, oleh karena itu peserta didik harus aktif dalam menelaah berbagai sumber belajar terutama melalui teknologi.
    2.Regulasi penyederhanaan RPP yang dilakukan oleh Menteri Pendidikan Nadiem makarim merupakan terobosan dalam mengefektifkan dan mengefensiensi kinerja guru, karena selama ini, bapak ibu guru lebih direpotkan dalam administrasi salah satunya RPP sehingga anak didik kadang - kaadang tidak diperhatikan,
    3.jika itu menjadi peraturan baru , maka harus kita buat tanpa harus meninggalkan RPP yang lama,karena RPP yang llama tetap menjadi salah satu referensi kita dalam melaksanakn kegiatan pembelajaran.

    BalasHapus
  16. Novi Roosvita Iasha. Menurut saya:
    1. Pembelajaran abad 21 memiliki ciri-ciri pembelajaran yang berorientasi kepada peserta didik dengan menggabungkan antara kecakapan pengetahuan, sikap, keterampilan, dan penguasaan terhadap TIK.
    Strategi penerapan dalam pembelajaran harus memberikan kecakapan yang dibutuhkan pada abad 21, yaitu berupa 4C yang meliputi Communication, Collaboration, Critical Thinking and problem solving, Creative and innovative.
    2. Penyederhanaan yang hanya memuat 3 komponen inti saja, yaitu tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan penilaian. Dimana penyederhanaan RPP ini dimaksudkan agar RPP lebih efisien dan efektif, sehingga guru mempunyai waktu lebih untuk mempersiapkan pembelajaran.
    3. Iya. Karena dalam penerapannya lebih mudah digunakan ketika mengajar. Sedangkan RPP model sebelumnya bisa digunakan untuk pelengkap.

    BalasHapus
  17. 1. Tersedianya informasi dan bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.
    Strateginya, memerlukan transformasi pendidikan secara menyeluruh sehingga terbangun kualitas guru yang mampu memajukan ekuitas dan prestasi siswa
    2. Penyederhanaan 13 komponen dari dari permendikbud no. tahun 2016, sehingga lebih efisien, efektif dan berorientasi pada siswa
    3. tetap harus membuat, karena dengan adanya penyederhanaan RPP, guru yang dulu sering diarahkan pada 13 komponen yang menghabiskan banyak waktu, dan sekarang guru hanya mencatumkan 3 komponen saja sehingga guru bisa fokus terhadap siswa

    BalasHapus
  18. 1, Pembelajaran abad 21 bertujuan meberikan kecakapan belajar dan berinovasi, meberikan kecakapan informasi, dengan menggunakan media dan teknologi, serta memberikan kecakapan hidup dan karir, dengan strategi pembelajaran berpusat pada siswa dengan sebisa mungkin menggunakan media yang digital
    2. Dalam Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan RPP tersebut, dijelaskan mengenai beberapa rangkuman atau daftar tanya jawab terkait dengan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran):Apa yang menjadi pertimbangan penyederhanaan RPP?Guru-guru sering diarahkan untuk membuat RPP dengan rinci yang menghabiskan waktu yang seharusnya bisa lebih difokuskan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri.
    3. kalu menurut saya tidak usah, karena menurut saya RPP itu fleksibel. Tinggal siapa yang membuat dan yang memakainya .

    BalasHapus
  19. Bismillah...

    1. a. berpusat pada pelajar, guru sebagai pendamping.
    b. Penggunaan TIK
    c. Pembelajaran aktif (peserta didik diarahkan mampu menanya bukan hanya menjawab)

    d. Peserta didik faham dan mematuhi arahan, saling menghormati,dan bertanggung jawab terhadap pelajaran mereka.
    e. Pembelajaran menekankan pentingnya kerjasama dan kolaborasi dalam menyelesaikan masalah.
    f. Penilaian bukan hanya dari ujian saja tatapi dari berbagai macam kaidah.

    Strategi penerapan :

    A. Guru wajib membekali diri dengan kemampuan tik untuk di terapkan dalam pembelajaran.
    B. Murid di bekali kecakapan yang di butuhkan pada abad ke 21.
    C. Memasukkan unsur HOTS untuk mengeksplorasi kemampuan peserta didik tentang materi yang sedang di bahas.


    2. Di dalam Regulasi itu di terangkan bahwa RPP cukup satu lembar yang di dalamnya ada Tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran dan penilaian. Dengan tujuan agar efektif, efisien dan berorientasi pada murid.

    3. Tidak harus karena guru bebas memilih, menggunakan, dan mengembangkan format RPP untuk keberhasilan dalam pembelajaran.

    yurida kunti mufiddah

    BalasHapus
  20. Eka pratiwi anasari
    1. Ciri-ciri pembelajaran abad 21, yaitu pembelajaran yang lebih mengedepankan aktifitas siswa dengan mencari tahu informasi melalui berbagai media pembelajaran, sedang kan strategi penerapan dalam pembelajaran adalah guru dituntut untuk lebih kreatif, inovatif dalam mempersiapkan pembelajaran, agar siswa juga lebih berkreatifitas dalam belajar.
    2. Regulasi penyederhanaan RPP memuat tujuan pembelajaran, langkah-langkah dan penilaian sebagai komponen inti dalam sebuah RPP
    3. Iya, karena RPP dengan 13 komponen bisa dijadikan acuan guru ketika sudah di kelas, sebab masih ada guru yang kebingungan menggunakan RPP SE no 14tahun 2019.

    BalasHapus
  21. 1. Pendidikan abad 21 adalah di mana peserta didik dirangsang untuk menjadi pembelajar aktif dengan cara gemar membaca, berpikir kritis, logis, kreatif, inovatif, dan solutif (bukan selotip, hehe)
    2. RPP saat ini disederhanakan dengan berprinsip pada efisien, efektif, dan student oriented yang setikurang-kurangnya berisi tujuan, tahapan, dan evaluasi yang setiap guru dapat memodifikasi sesuai kebutuhan dan dapat digunakan di tahun ajaran yg berbeda selama memperhatikan 3 komponen utama dan masih relevan
    3. Tidak, karena RPP SE No. 14 Tahun 2019 hanya merupakan penyederhanaan saja dan RPP 13 komponen sudah mencakup RPP SE No. 14 Tahun 2019. Dan juga dalam SE No. 14 Tahun 2019 disebutkan bahwa RPP dapat digunakan di tahun-tahun berikutnya

    Sekian, terima kasih.
    (Hanif)

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. Rohmiati,
    1. Pembelajaran abad 21 ini, memberikan stimulus ke peserta didik untuk punya keterampilan, pengetahuan, dan keahlian yang harus dikuasai oleh peserta didik agar berhasil dalam kerja dan kehidupan. Peserta didik diarahkan untuk terampil belajar dan mempunyai inovasi berfokus pada berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi.
    2. Regulasi penyederhanaan RPP sesuai SE Mendikbud No. 14 Tahun 2019 mempunyai prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada siswa. Jadi bisa menghemat waktu, tenaga, dan pikiran dan tentunya RPP ini diprioritaskan untuk peserta didik.
    3. Iya, tapi menurut saya RPP dengan standar 13 komponen itu bisa dimanfaatkan, mana yang sesuai RPP dengan standar SE No. 14 Tahun 2019 bisa dipakai sesuai kebutuhan. Jadi RPP nya yang dahulu bisa dimodifikasi dan disingkat sesuai kebutuhan dan bisa ditambah dengan literatur lain yang dibutuhkan untuk RPP saat ini.

    BalasHapus
  24. MUKHIBATUL MILA
    WONOTIRTO

    1. Pembelajaran Abad 21 kita ketahui mencakup kemampuan untuk critical thinking and problem solving (keterampilan dalam berpikir kritis dan memecagkan masalah), communication(keterampilan berkomunikasi), colaboration(keterampilan bekerja sama), dan innovation (keterampilan mencipta atau menemukan ide), dalam penerapannya pemebalajaran ini, memiliki ciri-ciri aatau karakteristik yaitu:
    a. Integratif
    b. Holistik
    c. Saintifik
    d. Kontekstual
    f. tematik
    g. Efektif
    h.kolaboratif
    i. berpusat pada siswa.
    Dalam penerapannya di pembelajaran sehari-hari , maka guru sebagai ujung tombak pendidikan, harus memiliki berbagai macam keterampilan. Keterampilan itu yakni :
    a. )Keterampilan membuat RPP yang efektif efisien n berpusat pada siswa,
    b.)keterampilan dalam proses pembelajaran, yakni ( keterampilan bertanya, memberikan penguatan, memberikan variasi, menjelaskan, membuka dan menutup pelajaran, membimbing kelompok kecil, mengelola kelas dan mengajar kelompok kecil dan perorangan.,
    c. ) keterampilan melakukan penialain autentik.

    BalasHapus
  25. Indri Sri Wahyuni GPAI Udanawu :

    1. 3 poin pembelajaran abad 21 yang saya ketahui yaitu kecakapan,karakter dan literasi. Jadi untuk strategi penerapan dan pembelajaran sangat dibutuhkan inspirasi pembelajaran diantaranya : modul dan buku saku, grafis, foto, video, artikel, peta sebaran sekolah rintisan ppk.
    2. Terkait dengan penyusunan RPP yang seringkali dianggap terlalu banyak memuat komponen sehingga memberatkan guru dalam penyusunannya. sehingga dari 13 komponen tersebut disederhanakan menjadi 3 komponen yang berprinsip efisien, efektif dan berorientasi pada murid
    3.RPP yang sudah dibuat dengan 13 komponen masih tetap bisa digunakan hanya saja disesuaikan dengan komponen utama standar SE No. 14 tahun 2019 karena pada SE No. 14 tahun 2019 intinya merdeka belajar dan merdeka pembelajaran.

    BalasHapus
  26. no 1.
    Ciri ciri pembelajaran abad 21 yaitu pembelajaran yang didalamnya sudah memuat4 aspek yaitu: 1 Penguatan pendidikan karakter. 2. Budaya literasi. 3. 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative); 4 HOTS (Higher Order Thinking Skill).
    Sedangkan strategi guru dalam menerapkannya yaitu dengan merencanakan pembelajaran dengan memuat ke 4 aspek tersebut
    no 2
    Dengan adanya SE Mendikbud no 14 tahun 2019 merupakan bentuk perhatian pemerintah untuk menyederhanakan administrasi pembelajaran sehingga lebih efektif, efisien dan menekankan orientasi pada murid. Selain itu SE Mendikbud no 14 tahun 2019 juga sebagai standar minimal penyusunan RPP oleh guru.
    no 3
    saya rasa ketika sudah menyusun RPP dengan standar 13 komponen, tidak harus menyusun RPP dengan standar SE no 14 th 2019. karena standar SE no 14 th 2019 bukanlah bentuk RPP baru namun hanya penyederhanaan dari standar 13 komponen.

    BalasHapus
  27. AMINATUN NISA'

    1. ciri pembelajaran abad 21: belajar bebas atau disebut merdeka belajar, dari sisi sumber, bahan, waktu, tempat, alat/teknologi, dll yang di dalamnya memuat kecakapan 4C yaitu communication, collaboration, critical thinking and problem solving, dan creative innovative

    strategi pembelajaran yaitu menyusun rencana pembelajaran sebaik mungkin sesuai dengan situasi dan kondisi lembaga.

    2. penyederhanaan RPP, dimana RPP yang dibuat lebih sederhana, efektif, dan efisien dari berbagai segi tanpa mengurangi isi dan kegunaan

    3. menurut saya perlu membuat lagi, karena lebih sederhana, efektif, dan efisien terutama dari segi bahan alias hemat kertas.

    BalasHapus
  28. 1. Informasi (kapan dan di mana saja), dalam penerapan pembelajaran di kelas pembelajaran diarahkan untuk mendorong peserta didik untuk mencari tahu dari berbagai sumber, bukan hanya diberi tahu.
    Komputasi (lebih cepat memakai mesin), artinya pelaksanaan pembelajaran diarahkan untuk mampu merumuskan masalah (menanya) , bukan hanya menyelesaikan masalah (menjawab masalah yang ada)
    Otomasi (menjangkau segala pekerjaan rutin), artinya pembelajarahkan untuk mampu berpiikir analitis dalam pengambilan keputusan, bukan berfikir mekanistis (rutin)
    Komunikasi (dari mana dan kapan saja), artinya pembelajaran menekankan pentingnya kerjasama dan berkolaborasi dalam menyelesaikan masalah.
    2. menyederhanakan rpp sehingga guru tidak terbebani dalam membuat perangkat pembelajaran dan lebih fokus mengajar peserta didik
    3. tidak harus membuat kalau rpp yang baru sudah cukup untuk acuan dalam pembelajaran

    BalasHapus
  29. Maria ulfa
    1.pembelajaran abad 21 mencerminkan 4 hal yaitu kolaborasi,komunikasi,kreatifitas dan inovasi,berpikir kritis.*strategi : Guru harus terus memperbaharui pengetahuan dan kecakapan dalam pengetahuan maupun pemanfaatan IT karena pembelajaran abad 21 identik dengan pemnfatan IT,selain itu guru juga harus kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan berbagai sumber belajar

    2. Dalam SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2014 tentang penyederhanaan RPP dejelaskan bahwa RPP yang semula ada 13 komponen,disederhanakan menjadi 3 komponen saja sehingga lebih efisien,efektif dan berorientasi pada siswa.Guru tidak lagi disibukkan dengan administratif membut RPP,sehingga Guru punya waktu lebih banyak untuk melakukakn evaluasi.Guru merdeka bebas untuk membuat,mengembangkan dan menggunakan RPP.
    3. Menurut saya tetap membuat,karena lebih mudah dan efisien.RPP itu harus update sesuau dengan kondisi sekarang ini, RPP beberapa Tahun lalu belum tentu bisa dan cocok digunakan pada pembelajaran abad 21 seperti sekarang ini seiring berkembangnya IT.

    BalasHapus
  30. 1. Selalu tersedia informasi kapan saja dan dimana saja, strateginya adalah selalu mendorong siswa untuk berfikir kritis,menguasai teknologi informasi komunikasi dan mampu berkolaborasi
    2. Penyusunan RPP dilakukan dengan prinsip efisien,efektif dan berorientasi pada siswa, KKG dan sekolah bebas memilih, membuat, menggunakan dan mengembangkan format RPP secara mandiri
    3. Iya, harus tetap membuat, karena dengan adanya 13 komponen tadi, guru juga dapat menambahkan atau memodifikasi RPP yang sudah dibuat dengan prinsip efektif, efisien,dan berorientasi pada peserta didik

    BalasHapus
  31. 1. pembelajaran abad 21 adalah pembelajaran yang dirancang untuk generasi abad 21. Yang mana teknologi terkini pada arus komunikasi dan informasi berkembang maju secara pesat sehingga mampu mempengaruhi segala elemen kehidupan. Yang didalam pembelajarannya terdapat 3 konsep yaitu serangkaian soft skil yang dperlukan untu anak muda zaman sekarang belajar, menggunakan pendekatan materi pembelajran berbasis fakta atau fenomena yang dapat disajikan dengan logika atau penalaran tertentu dan yang terakhir yaitu menggunakan penilaian sesuai dengan kehidupan nyata. Untuk strategi yang dapat digunakan diantaranya yaitu diantaranya adalah Creativity and Innovation, Collaboration, Communication, Critical Thinking and Problem Solving.
    2. Penyederhanaan yang hanya memuat 3 komponen inti saja, yaitu tujuan pembelajaran dan penilaian. Dimana penyederhanaan ini bertujuan untuk lebih mengevisienkan dan juga lebih mengevektifkan sehingga guru mempunyai kesempatan yang lebih banyak untuk mempersiapkan proses belajar mengajar
    3. Mengacu pada isi edaran yang point 4 harus memmbuat dan menyesuaikan dengan aturan tanpa meninggalkan RPP yang lama, karena RPP yang lama tetap menjadi reverensi kita dalam melaksanakan proses belajar mengajar

    BalasHapus
  32. muti'aaaah kanigoro

    1. ciri –ciri Pendidikan abad 21 : a ) tersedianya informasi dimana saja dan kapan saja (informasi}
    b) adanya implementasi penggunaan mesin (komputasi}
    c) mampu menjangkau segala pekerjaan rutin (otomatisasi)
     Strategi penerapan dalam pembelajaran : sebagai salah satu strategi manajemen pendidikan abad 21 yang di dalamnya meliputi tata kelola kelembagaan dan sumber daya manusia Abad ini memerlukan transformasi pendidikan secara menyeluruh sehingga terbangun kualitas guru yang mampu memajukan pengetahuan, pelatihan, ekuitas siswa dan prestasi siswa .
    2. untuk menyederhanakan format RPP sehingga akan lebih efisien, efektif, dan berorientasi pada siswa
    3. iya harus membuat yang baru. Karena sudah ada berubahan dari kebijakan mendikbud sesuai dengan SE mendikbud no. 14 tahun 2019 dan sebagai pendidik harus selalu siap dengan perubahan yg telah dibuat oleh pemerintah

    BalasHapus
  33. MILA-WONOTIRTO

    1. Strategi yang palin mudah menurut saya, dalam menerapkan pembelajaran Abad 21 untuk menyongsong revolusi industri4.0 adalah:

    a. Guru dulu sebagai sumber ilmu, sekarang bergeser sebagai fasilitator, tutor, pembelajar dan penginspirasi bagi siswanya.
    b. Belajar lebih fkeksibel, dimanapun dan kapanpun, oleh karena itu guru dan siswa harus melek teknologi
    c. Guru jangan menyamaratakan kecerdasan anak. Anak memiliki kemampuan personalnya,yang harus di hadapi dengan menyesuaikn bakat dan minat anak tersebut
    d. Ajarakan anak fokus dengan apa yang dipelajarinya, dengan menghilangkan gangguan-gangguan di kelas dan juga dengan mendisiplinkan mereka juga ( di bidang akhlak dan ibadah juga harus selaalu ditekankan dan menjadi pembiasaan). Maka ilmu psikologi adalah penting disini.
    e.Berikan kisah inspiratif agar mereka (siswa-siswi) menjadi pembelajar sejati. Karena kunci dari suksesnya pembelajaran, jika siswanya memiliki jiewa pembelajar sejati (motivasi intrinsik)
    f. Guru harus menguasai seluruh komponen dalam pembelajaran Abad 21 juga yaitu 4C dan selalu meng update pengetahuan dan Teknologi (IT)

    BalasHapus
  34. ‎1. Pada dasarnya ciri-ciri pembelajaran abad 21 adalah suatu pembelajaran yang berpusat pada ‎peserta didik. Dalam hal ini pembelajaran memuat 4 aspek yang harus tercakup didalamnya. ‎Keempat aspek tersebut adalah ‎
    ‎(1)penguatan pendidikan karakter yang berorientasi pada tujuan terbentuknya generasi yang tidak ‎hanya unggul dalam pengetahuan saja,namun lebih pada keluhuran karakter yang dimiliki, ‎‎(2)memasukkan budaya literasi yamg mana literasi merupakan salah satu faktor penting yang dapat ‎membuka cakrawala pengetahuan para peserta didik,‎
    ‎(3) memuat aspek 4 C yakni Creative (kreatif: peserta didik mempu menuangkan daya ‎kreativitasnya dalam segala hal ), Crithical Thinking(berpikit kritis: mampu berpikir secara kritis ‎dengan pembiasaan memecahkan masalah), Communicative (komunikatif: mampu ‎mengkomunikasikan apa yang menjadi ide membangung dalam pikirannya), dan Collaborative ‎‎(kolaborasi: mampu berkolaborasi atau kerjasama dengan orang lain dalam menyelesaikan suatu ‎permasalahan yang muncul), ‎
    ‎(4.) aspek HOTS (Hight Order Thinking Skill) merupakan upaya untuk membiasakan siswa berpikir ‎tingkat tinggi sehingga diharapkan para peserta didik mampu menganalisis apapun dengan selalu ‎berpikir lebih mendalam. Strategi pembelajaran yang dilakukan guru hendaknya selalu dapat ‎mengkolaborasikan keempat aspek tersebut dalam pembelajaran.‎
    ‎2. Regulasi penyederhanaan RPP merupakan acuan penyederhanaan RPP dibanding dengan aturan ‎RPP sebelumnya. Dalam regulasi ini hanya ada 3 komponen yang wajib ada pada sebuah RPP, yaitu ‎tujuan pembelajaran, langkah pembelajaran dan penilaian.‎
    ‎3. Menurut saya perlu, karena dengan RPP berdasarkan regulasi yang baru guru sangat terbantu ‎dalam hal penyederhanaan administrasi. Namun, RPP dengan regulasi lama juga masih dapat ‎dijadikan acuan penyusunan dengan cara mengambil 3 komponen saja yang ada didalamnya yaitu ‎tujuan pembelajaran, langkah pembelajaran dan penilaian.‎

    BalasHapus
  35. Aminatun Khasanah

    1. Ciri pembelajaran abad 21: pembelajaran berbasis saintifik, berpusat pada siswa, pembelajaran yang komunikatif, kreatif, berfikir kritis dan kolaboratif. Informasi bisa didapat dimana saja, kapan saja. Kemampuan yang dikembangkan adalah pengetahuan, ketrampilan siswa.

    2. RPP disederhanakan menjadi 3 komponen saja dari 13 komponen yg ada. Tetapi untuk identitas sekolah, mapel, alokasi waktu boleh tetap dicantumkan. Dalam penyederhanaan diharapkan para guru bisa membiat RPP sesuai kondisi yg ada,sehingga tidak hanya copy paste punya lembaga lain, serta bisa sesuai dengan komdisi serta potensi yang dimiliki para siswa. Sehingga pembuatan RPP bisa lebih efektif, efisien, dan berorientasi pada siswa langsung.

    3. Menurut saya ya, karena kita juga harus tetap mengikuti perkembangan yang ada didunia pendidikan. Terutama mengacu pada SE Mendikbud no.14 tahun 2019, serta penyederhanaan RPP juga bertujuan agar lebih efektif, efisien, serta seduai dengan kondisi siswa dimasing-masing lembaga

    BalasHapus
  36. No. 1
    Pendidikan abad 21 memiliki ciri pembelajaran berpusat pada peserta didik dengan mengkolaborasikan spiritual, sosial, pengetahuan, ketrampilan dengan penguasaan teknologi informasi. Adapun strateginya adalah : pertama, menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Kedua, penguatan pendidikan karakter. Ketiga, membangun ketrampilan berkomunikasi. Keempat, pembelajaran yang mengaktifkan siswa untuk berpikir kreatif serta memecahkan masalah.
    No. 2
    Regulasi penyederhanaan RPP sesuai SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 dimaksudkan untuk menyederhanakan format penyusunan RPP sehingga lebih efektif, efisien, dan berorintasi pada siswa.
    No. 3
    Tidak harus, karena guru bebas memilih dan mengembangkan RPP yang digunakan, asalkan tetap sesuai standar/aturan yang ditetapkan oleh pemerintah.

    BalasHapus
  37. Mohamad Boby Habibi
    1. Pembelajaran abad 21 adalah pembelajaran modern yang harus dilaksanakan, sebagai tuntutan kemajuan zaman. Dimana pembelajaran tsb lebih menekankan kpd sekolah yg menyenangkan, penguatan pendidikan karakter, membangun keterampilan komunikasi, kolaborasi, serta pembelajaran yg bisa membuat siswa berpikir kritis dan problem solving. Untuk strategi penerapannya, seorang Guru harus memahami benar karakteristik pembelajaran abad 21, agar outputnya (peserta didik) nanti mampu bersaing dengan tuntutan perkembangan zaman.
    2. SE Mendikbud No.14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan RPP dimaksudkan untuk menyederhanakan format penyusunan RPP sehingga lebih efektif dan efisien. Bisa langsung mengena kepada peserta didik.
    3. Iya. Karena untuk bisa mengetahui efektif tidaknya penyederhanaan RPP yg sesuai SE Mendikbud No. 14 Tahun 2019, harus tau dulu standar 13 komponen pada RPP lama.

    BalasHapus
  38. Menurut pendapat saya,
    1. Pembelajaran abad 21 ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
    - Fokus pada pengembangan keterampilan belajar siswa,
    - Siswa belajar untuk menganalisis, mengkontruksikan materi pelajaran yang dipelajari
    - Guru dapat menggunakan berbagai model pmeblajaran dalam satu waktu
    - Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk lebih aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran serta menghubungkan pelajaran dengan dunia nyata.
    - Dan mengarah pada teknologi.
    2. SE Mendikbud No. 14 tahun 2019, berisi tentang penyederhanan RPP dari 13 komponen menjadi 3 komponen ini, yaki Tujuan pembelajaran, langkah pembeljaran serta assesment . Atau yg lebih sering disebut dengan RPP 1 lembar. Tetapi memuat inti dr rancangan kegiatan pembelajaran
    3. bisa iya bisa juga tidak. Tergantung dengan kebutuhan guru maupun lembaga masing - masing. Karena penyusunan RPP disesuaikan dg kondisi dimana guru engajar. Yang perlu digaris bawahi adalah dengan adanya penyederhanaan hal tersebut secara tidak langsung mempermudah tugas guru terutama dalam hal administrasi.

    Terimakasih.

    Terimakasih.

    BalasHapus
  39. Dari beberapa tanggapan bpk/ibu menunjukkan bahwa bapak/ibu sudah memiliki dan menguasai kompetensi yang diharapkan diimplikasikan dalam pembelajaran. Ada beberapa hal yang penting yang perlu diperhatikan a.l. :
    1. Ciri-ciri RPP memuat pembelajaran abad 21 a.l. a. PPK, b. literasi, c. 4c(creativ, critical thingking, comunicative, colabarativ,d. HOTS diaplikasikan dalam RPP juga dalam pembelajaran
    2. Komponen RPP No. 14 Tahun 2019 ada di antara Tujuan pembelajaran, Kegiatan pembelajaran, penilaian, akan tetapi identitas sekolah, identitas mapel,kelas/semester, materi pokok, alokasi tetap ditampilkan, penilaian dalam rpp hanya dicantumkan bentuk penilaian ki1234, akan tetapi rencana penilaian tetap dibuat merupakan lampiran dari rpp.
    3. Jika sudah membuat rpp standar 13 komponen ada beberapa pilihan : a. membuat sesuai aturan terbaru idealnya, b. rpp standar 13 komponen diedit disesuaikan rpp 3 komponen, c. memakain standar 13 komponen yang utama bercirikan pembelajaran abad 21, d. melaksanakan rpp yang sudah dibuat dengan optimal. Terima kasih atas tganggpan bapak/ibu mudah-mudahan membawa manfaat barakah khsusnya bagi peningkatan dan pengembangan pembelajaran kita.

    BalasHapus

Kunjungan Studi Tiru Program Sekolah Sak Ngajine di UPT SDN Kalipang 01 Rabu, 5 September 2024, UPT SDN Kalipang 01 menerima ked...